Banjir Rohul, Waka DPRD Riau H Syafaruddin Poti Turun Salurkan Bantuan
Minggu, 26/12/2021 - 08:50:34 WIB

TERKAIT:
 
  • Banjir Rohul, Waka DPRD Riau H Syafaruddin Poti Turun Salurkan Bantuan
  •  

    ROKAN HULU - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau H. Syafaruddin Poti, SH bersama Kepala BPBD Provinsi Riau M. Edy Afrizal dan Dinas Sosial Provinsi Riau menyalurkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Rokan Hulu pada jum'at, (25/12/21).

    H. Syafaruddin Poti lansung turun melihat kondisi terkini masyarakat yang terkena dampak banjir tepatnya di Pasir Pengaraian dan beberapa tempat yang parah terkena banjir sambil menyalurkan bantuan berupa kebutuhan pokok dan kesehatan tersebut.

    "Hari ini kita turun melihat kondisi terkini melihat sanak saudara dikampung halaman kita Rokan Hulu yang terkena dampak banjir, kami mendampingi Kepala BPBD dan Dinas Sosial Provinsi Riau dengan menyalurkan sedikit bantuan untuk warga yang terdampak, semoga bermanfaat dan dapat meringankan beban sanak saudara kita," ucap poti saat berada di lokasi banjir.

    kemudian Ia menyampaikan "Semoga musibah ini segera berlalu, dan masyarakat yang terkena dampak banjir diberikan kesabaran dan ketabahan, sehingga nanti bisa beraktivitas seperti semula, kita juga himbau agar masyarakat menjaga keluarga dan anak-anak nya agar tidak ada menimbulkan korban jiwa dan lain sebagainya," tutup politisi PDI Perjuangan itu.

    Sebagaimana dikutip dari cakaplah.com Rohul Terendam Banjir, Waka DPRD Riau Minta Selamatkan Warga Lebih Dulu

    ROKAN HULU - Wakil Ketua DPRD Riau, Syafaruddin Poti meminta keselamatan warga korban banjir di Kabupaten Rokan Hulu diutamakan. Anggota dewan dapil Rokan Hulu ini mengatakan memang banjir terjadi setiap tahun akan tetapi kali ini lebih besar daripada biasanya.

    "Kita sudah komunikasi dengan Pemprov Riau, dan sudah diketahui gubernur, BPBD, Tim SAR dan Dinas Sosial sudah turun. Saya juga langsung memantau," kata Poti kepada CAKAPLAH.com, Sabtu (25/12/2021).

    Politisi PDIP tersebut mengatakan tindakan pertama yang harus dilakukan adalah penyelamatan warga, untuk dibawa ke tempat pengungsian dan harus ada posko di lokasi.

    "Yang jelas pertama bagaimana menyelamatkan masyarakat, apa yang bisa diberikan bantuan dari provinsi, pangan, makanan dan minuman, kalau ada yang masih terjebak, harus cepat dievakuasi. Ini bukan beban Rohul saja tapi juga Riau dan Indonesia," tukasnya.

    Diberitakan CAKAPLAH.com sebelumnya, banjir besar melanda Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, Sabtu (25/12/2021). Banjir disebabkan meluapnya Sungai Batang Lubuh akibat tingginya intensitas hujan di hulu sungai.

    Dari data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu, banjir telah merendam hampir ribuan rumah di 9 desa dan 1 kelurahan di Rokan Hulu.

    Banjir terbesar melanda ibukota Kabupaten Rokan Hulu, tepatnya di Kecamatan Rambah. Di kecamatan ini, banjir merendam 6 desa dan 1 kelurahan, masing-masing Desa Pematang Berangan, Rambah Tengah Hulu, Rambah Tengah Barat, Tanjung Belit, Kelurahan pasir Pengaraian, dan Desa Babussalam.

    Sementara di Kecamatan Rambah Samo, banjir merendam Desa Lubuk Nepal, Teluk Aur, dan Lubuk Bilang.

    Banjir juga merendam akses Jalan Tuanku Tambusai sehingga jalan utama di ibukota itu tidak bisa dilalui, akibat tingginya air luapan sungai yang mencapai sepinggang orang dewasa.

    Pertokoan yang berada di kanan kiri jalan tersebut juga tidak bisa beroperasi dikarenakan terendam banjir hampir 200 sentimeter.

    Menurut salah seorang warga, banjir terjadi sejak pukul 04.00 Wib, Sabtu dini hari. Air meluap secara tiba-tiba di saat warga tengah tertidur di rumah masing-masing.

    "Air tiba-tiba naik, kami hanya fokus menyelamatkan keluarga sehingga tidak sempat menyelamatkan harta benda," cakap Bayu, salah seorang korban banjir.


    *** (mzi/clc)



     
    Berita Lainnya :
  • Demi Riau Kondusif, Tokoh Lintas Etnis Desak Kapolda Tindak Larshen Yunus!
  • Arul Kampai Wakil Ketua KNPI Riau, Minta Repol Tertibkan Habibi Ketua PK Golkar Salo
  • Hadiri Open Tornamen Kepayang, Wakil Ketua DPRD Riau : Gencar Bina Prestasi Generasi Muda
  • Rencana Undang Presiden, Ketua Umum SMSI Temui Ketua MPR RI
  • RMB dan LMB Rohil Ancam Laporkan Larshen Yunus ke Polda Riau, Ini Kasusnya
  • Fraksi PDI Perjuangan Se - Riau Ikut Bimtek Se- Indonesia, Ini Pesan Megawati
  • Ketua DPD KNPI Kab Kampar Ajak Pemuda Adu Ide dan Gagasan Bukan adu Jotos
  • HUT 49 PDI Perjuangan, H. Zukri : Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas Untuk Bangsa dan Negara
  • Narendra Dorong Saran Sekjen PDI Perjuangan terkait Pengembangan Sepak Bola Indonesia
  • Lagi Lagi Muscam KNPI Kecamatan Salo Dikacau " Preman" Hardialis Terpilih Secara Aklamasi
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    Demi Riau Kondusif, Tokoh Lintas Etnis Desak Kapolda Tindak Larshen Yunus!

    RMB dan LMB Rohil Ancam Laporkan Larshen Yunus ke Polda Riau, Ini Kasusnya

    Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) UIN Suska Riau Mengadakan Webinar Nasional Kewirausahaan

     
     
      Opini  
    Mencari Negeri Surga

     
     
       

    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 riaubicara.com, all rights reserved