Seni Membuat Taman Indah di Lahan Terbatas
Jumat, 06/03/2020 - 20:07:05 WIB

TERKAIT:
   
 

LUASAN lahan menjadi persoalan di zaman sekarang, karena sempitnya yang tersedia, khusus untuk kalangan menengah ke bawah, membeli rumah antara tipe 36 sampai 72. Bagi mereka yang berkocek tebal tentu soal lahan tiada menjadi masalah. Sementara sebagai pemilik rumah, kita teap ingin ada se sudut tempat untuk taman, agar rumah terasa sejuk dan nyaman.

Memamng, memiliki taman yang hijau dan asri adalah impian setiap pemilik rumah. Selain bisa mendatangkan udara segar di sekitar rumah, melihat dedaunan hijau juga baik untuk mata. Tetapi tak perlu berkecil hati meski luas halaman terbatas. Dengan sedikit kreativitas siapa pun bisa memiliki taman idaman.

Berikut beberapa ide taman minimalis di rumah minimalis, tetapi tetap bisa terlihat indah dan menawan.

1. Menonjolkan area hijau
Area hijau di lahan sempit sebaiknya diberi pembatas agar tidak menghalangi jalan setapak. Namun area ini juga harus tampak menonjol, agar sesuai dengan fungsinya penghias rumah. Bisa dilakukan dengan menempatkan tanaman dalam pot-pot beton yang dibuat lebih tinggi dari permukaan tanah, seperti gambar ini.

2. Tanaman di miniatur taman
Tanaman dalam pot bisa membuat halaman belakang yang sangat sempit lebih menarik. Demikian juga beberapa tanaman yang ditanam dalam satu pot yang sama (miniatur taman). Perlu diingat bahwa miniatur taman memerlukan perawatan khusus.

3. Tempat berteduh
Pengaturan estetika adalah kunci untuk mengubah lahan sempit jadi taman yang mempesona. Selain membagi lahan untuk area hijau, sediakan juga tempat untuk bersantai. Dalam gambar ini pergola berfungsi sebagai tempat bersantai, sekaligus elemen yang bisa memperindah taman itu sendiri.

4. Tanaman rambat
Tanaman rambat tidak membutuhkan banyak lahan untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, tanaman jenis ini tidak memerlukan perawatan atau penanganan khusus.

5. Taman kecil di pintu depan
Teras, halaman depan dan ruang di sekitar pintu masuk juga bisa dimanfaatkan sebagai lahan untuk taman kecil. Sebuah taman yang akan memberikan kesegaran bagi siapa saja yang hendak masuk ke dalam rumah.

6. Kombinasi sejumlah bahan
Dalam gambar ini kita melihat ada perpaduan beberapa elemen, yaitu kayu, batu dan tanaman. Putuskan di mana elemen-elemen ini ditempatkan, maka taman kecil mempesona bisa jadi milik Anda.

7. Taman vertikal
Taman vertikal adalah solusi paling tepat untuk mengatasi masalah keterbatasan lahan. Bisa juga dengan menempatkan pot-pot bunga di dinding belakang rumah, jika Anda tak ada waktu untuk membuat media tanam taman vertikal.

8. Furnitur yang serasi
Agar taman kecil makin sedap dipandang, letakkan beberapa furnitur di sekelilingnya. Pilih furnitur yang akan memaksimalkan fungsi taman sesuai keinginan Anda.

9. Memperluas area taman
Anda punya halaman atau teras berlantai yang jarang digunakan? Manfaatkan area ini untuk memperluas lahan taman kecil Anda. Caranya bisa dengan membongkar lantai dan menanaminya. Atau menutup lantai dengan batu-batu kecil, lalu menghiasinya dengan tanaman dalam pot bunga.

10. Tata lampu
Jangan remehkan efek cahaya lampu taman di malam hari. Dengan pengaturan seksama taman belakang Anda akan lebih memikat dan siap menjadi tempat berpesta.

11. Tetapkan titik pusat taman
Dengan menetapkan titik pusat taman, kita bisa memutuskan elemen lain yang akan ditambahkan. Titik pusat bisa berupa sekelompok vegetasi kecil atau obyek berukuran besar. Dalam gambar ini titik pusat taman adalah pohon besar di bagian tengah.

12. Sentuhan pribadi
Sentuhan pribadi adalah sesuatu yang mewakili diri Anda, seperti tanda tangan. Patung atau pernik lain di taman bisa menegaskan jati diri si pemilik taman.

13. Tinggi-rendah
Kombinasikan beberapa tanaman yang memiiki ketinggian berbeda. Dalam gambar ini, area hijau yang sempit tampak lebar karena adanya berbagai tanaman tinggi dan rendah ditata bergerombol.

14. Memanfaatkan kayu
Kayu selalu berhasil membuat taman jadi menarik. Sekelompok elemen kayu yang ditata berkelompok, bisa membuat taman tampak natural.

15. Barisan tanaman
Ini cara memanfaatkan lahan yang panjang dan sempit. Tanam satu jenis tanaman dengan jarak berdekatan untuk menghadirkan nuansa hijau di halaman samping rumah.

16. Merah di tengah hijau
Halaman belakang rumah akan lebih menarik jika ada tanaman dengan warna berbeda di antara sekelompok tanaman berwarna hijau. Dalam gambar ini tanaman berwarna merah ada di bagian tengah dan tepi kelompok tanaman.

17. Taman gaya lawas
Manfaatkan furnitur tua Anda untuk menambah nilai estetika taman kecil. Anda tidak harus mengikuti tren untuk memiliki taman belakang memesona.

18. Tanaman bunga di dekat dinding
Dinding bisa menimbulkan kesan kaku dan sempit. Samarkan kehadirannya dengan menanam sekelompok tanaman bunga dan semak di sepanjang dinding.

19. Taman minimalis di lahan sangat sempit
Lahan yang paling sempit pun bisa dimanfaatkan sebagai taman. Taman minimalis seperti gambar ini juga bisa menghilangkan kesan kaku dinding rumah bagian luar.

20. Manfaatkan kondisi sekitar
Tinggal di apartemen atau rumah susun tidak akan menutup peluang Anda memiliki taman impian. Periksa semua bagian gedung dan temukan bagian tak terpakai, misalnya ruang terbuka di sela-sela gedung seperti pada gambar ini.

21. Bermain komposisi
Lahan sempit di area yang sempit akan lebih menarik jika ditata dengan komposisi seimbang. Sebidang tanah di gambar ini dibagi menjadi tiga bagian, dan bagian kanan kiri ditanami rumput. Sisa lahan digunakan untuk menata batu-batu sesuai warna dan ukurannya.

22. Taman di sudut halaman
Sudut adalah bagian yang paling mudah direkayasa. Perhatikan baik-baik sudut halaman sebelum memutuskan apa yang akan Anda letakkan di sana. Menata tanaman dengan beberapa lajur berbeda sesuai jenisnya akan membuat sudut halaman lebih menyenangkan untuk dinikmati.***



 
Berita Lainnya :
  • Penandatanganan MoU dengan Pemkab Kuansing, Kejari Siap Beri Pedampingan Hukum
  • Demi Menghadiri Subuh Berkah Bupati Suhardiman Rela Mandi di Masjid Desa Perhentian Sungkai
  • KNPI Kampar Minta Aparat Hukum Usut Tuntas Kasus Konflik & Kekerasan di Desa Terantang
  • Plt. Bupati Suhardiman Amby Ajak Masyarakat Kembangkan Bisnis Usaha Tani
  • Plt. Bupati Suhardiman Amby Harapkan Wisata Kuliner Membawa Multiplayer Effect Terhadap Lingkungan
  • Plt. Bupati Suhardiman Amby Harapkan Wisata Kuliner Membawa Multiplayer Effect Terhadap Lingkungan
  • Plt. Bupati Suhardiman Amby Minta Pemkab Kuansing Lakukan Percepatan Stunting
  • Plt. Bupati Suhardiman Amby Buka Rapat Evaluasi Kinerja Pj Kepala Desa Se Kuansing
  • HUT Bhayangkara ke-76, Polres Kuansing Gelar Lomba Tembak Bersama Forkompimda
  • Usai Pandemi, ICS Moving Up Ceremony Class Of 2022 Sukses Digelar
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    Demi Riau Kondusif, Tokoh Lintas Etnis Desak Kapolda Tindak Larshen Yunus!

    RMB dan LMB Rohil Ancam Laporkan Larshen Yunus ke Polda Riau, Ini Kasusnya

    Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) UIN Suska Riau Mengadakan Webinar Nasional Kewirausahaan

     
     
      Opini  
    Mencari Negeri Surga

     
     
       

    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 riaubicara.com, all rights reserved