Ketum KONI Riau Emrizal Pakis Wafat, Gubri: Selamat Jalan Patriot Olahraga
Sabtu, 24/04/2021 - 22:20:36 WIB
Almarhum Emrizal Pakis (kedua dari kanan) dan Wakil Ketua KONI Pusat, Suwarno mendampingi Gubernur Riau, Syamsuar memukul gong saat membuka Rapat Anggota KONI Riau tahun 2019 secara simbolis di Hotel Grand Suka, Pekanbaru, Sabtu (18/5/2019).
TERKAIT:
 
  • Ketum KONI Riau Emrizal Pakis Wafat, Gubri: Selamat Jalan Patriot Olahraga
  •  

    PEKANBARU - Provinsi Riau kembali kehilangan salah seorang tokoh terbaiknya. Pagi ini, Sabtu (24/4/2021), mantan birokrat yang juga Ketua Umum KONI Riau, Emrizal Pakis, wafat setelah sebelumnya terpapar virus Corona (Covid-19). 

    Kepergian almarhum menghadap Sang Khalik tak pelak membuat Riau berduka. Gubernur Riau Drs H Syamsuar, MSi termasuk yang sangat berduka atas berpulangnya Emrizal Pakis ke rahmatullah. 

    Gubri mengenang sosok Emrizal Pakis sebagai salah seorang putra terbaik Riau dan merupakan sosok pekerja keras serta memiliki banyak prestasi, baik itu dalam meningkatkan prestasi olahraga di Riau maupun bidang pemerintahan.

    "Saya beserta keluarga dan Pemprov Riau turut berduka cita serta ikut mendoakan semoga almarhum Bapak Emrizal Pakis berpulang ke rahmatullah dalam keadaan husnul khotimah," ujar Gubri kepada media begitu mendapatkan kabar duka. 

    Syamsuar juga turut mendoakan agar almarhum mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT dan keluarga yang di tinggalkan tabah dan ikhlas menjalani ujian tersebut.

    "Selamat jalan patriot olahraga , jasamu akan selalu kami kenang, terima kasih," ungkapnya.

    Dia juga menyampaikan, selain sosok yang mengabdikan dirinya di bidang olahraga, Emrizal juga pernah lama menjadi abdi negara, birokrat, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Bappeda Riau dan Asisten II Setdaprov Riau. 

    "Beliau sangat berjasa bagi Riau, terakhir pernah menjabat sebagai Kepala Bappeda serta jasanya sebagai ketua KONI dalam meningkatkan prestasi olahraga Riau, untuk itu mari kita berdoa supaya beliau khusnul khotimah," ujar Gubri Syamsuar. 

    Ketua Bidang Humas KONI Riau H Dheni Kurnia melalui pesan di grup WhatsApp (WA) sore tadi mengabarkan malam ini sekitar  pukul 21.00 Wib, akan diadakan doa bersama  untuk Almarhum H. Emrizal Pakis, di Halaman KONI Riau Jalan Gajah Mada Pekanbaru. 

    "Mohon kehadiran Bapak/Ibu dan teman2 sekalian, untuk menghormati kepergian Almarhum menghadap Allah SWT. Semoga diluruskan jalan Almarhum menuju Surga Allah. Aamiin," ujar Dheni Kurnia.

    Putra Peranap Inhu

    Dikutip dari tribunpekanbaruwiki.com, Emrizal Pakis, lahir di Pranap Kabupaten Indragiri Hulu 12 September 1954. Semasa hidupnya almarhum memiliki segudang pengalaman di pemerintahan dan sejumlah organisasi.

    Di Pemerintahan pengalaman Emrizal Pakis lebih dari 30 tahun dan 15 tahun diantaranya Emrizal Pakis habiskan berdinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau hingga ia pensiun.

    Meski sudah pensiun dari pegawai negri sipil atau PNS, Emrizal Pakis masih tetap aktif di beberapa organisasi.

    Kini Emrizal Pakis masih menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Riau atau disingkat KONI Riau. Menjadi Ketua KONI Riau ini sudah periode kedua bagi Emrizal Pakis.

    Disamping itu, Emrizal Pakis juga dipercaya menjadi Ketua Umum Peran Melayu Riau priode 2015-2020.

    Tahun 2019 lalu Emrizal Pakis coba melangkah untuk berbuat lebih lagi bagi Riau dengan maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) Anggota DPR RI melalui partai PPP. Namun sayang, Emrizal Pakis belum terpilih.

    Bagi Emrizal Pakis menjadi pemimpin sudah terlatih sejak kecil, hal ini terlihat sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dengan menjadi Ketua Kelas. Disamping memang Emrizal Pakis juga kerap langganan menjadi juara kelas.

    Saat kecil Emrizal Pakis hidup pas-pasan, terlebih saat sang ayah meninggal dunia disaat Emrizal Pakis masih duduk dikelas VI SD.

    "Ujian terberat bagi saya dan keluarga adalah dimana saat kami kehilangan sosok ayah sebagai pemimpin kami, karena semasa hidup dia adalah tulang punggung keluarga. Kami juga bukan dari keluarga yang serba ada, ayah saya hanya kontraktor kecil yang jadi panutan bagi keluarga kami," kenang Emrizal Pakis.

    Masa kecil Emrizal Pakis ia habiskan untuk belajar dengan rajin dan membatu ibunya menjaga tanaman padi di sepetak sawah yang mereka miliki.

    "Kadang saya juga harus pulang sampai malam untuk menjaga padi dari serang hama" jelas Emrizal Pakis.

    Bagi Emrizal Pakis hal tersebut bukanlah beban baginya, justru ia sangat senang bisa karena kini menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Meski harus membantu ibu, Emrizal Pakis tidak pernah lupa dengan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pelajar, sehingga prestasi pun berhasil ia dapatkan.

    Selesai menempuh pendidikan SMP Emrizal Pakis harus menumpang dengan abangnya Ismail di Kota Pekanbaru untuk melanjutkan pendidikan SMA, ditahun ke tiga Emrizal Pakis pun harus mengikut abangnya ke Bengkalis dan menyelesaikan SMA Negri 3 .

    Langkah demi langkah Emrizal Pakis lalui hingga berhasil menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi Fakutas Ekonomi Universitas Riau.

    Pada tahun 1980 di Indragiri Hulu ada penerimaan Pegawai Negri Sipil atau PNS, Emrizal Pakis pun memanfaatkan kesempatan tersebut dan siapa sangka Emrizal Pakis berhasil lulus.

    Disinilah awal mula Emrizal Pakis mulai meniti karir menjadi abdi negara.

    Emrizal Pakis pernah menjabat sebagai Sekertaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Kepala Bagian Pembangunan dan Kepala Pembagunan Masyarakat Desa (PMD) Inhu hingga tahun 1995

    Setelah 15 tahun berkarir di Indragiri Hulu, Emrizal Pakis diberi tugas di Kabupaten Bengkalis, menempati posisi penting Kepala Bapeda sampai tahun 2000.

    Lima tahun dia menjabat Kepala Bapeda, karier Emrizal Pakis terus berjalan , hingga diminta Pemerintah Provinsi sebagai Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bapeda Provinsi Riau dan sempat juga menjadi Kepala Dinas Pendidikan.

    Tentu saja karirinya ini tidak serta merta berjalan dengan mulus, Emrizal Pakis juga sempat di nonjobkan alias tidak memiliki jabatan saat bertugas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

    Sebelum akhirnya masuk masa pensiun dan fokus pada KONI,  Emrizal Pakis menjabat sebagai Asisten II Sekdaprov Riau. (**)ANR



     
    Berita Lainnya :
  • Resmi Dilantik, H. Syafaruddin Poti : Apkasindo Rohul Untuk Kesejahteraan Petani Sawit
  • Jelang Pelantikan Apkasindo Rohul, H. Syafaruddin Poti, SH Sosialisasi Pergub Tentang Harga TBS
  • Didampingi Kuasa Hukumnya, Pemilik Pangkalan Helmi dan Done Bantah Isu Miring BBM Habis
  • KAMPAK Minta KPK-Polri Usut Walikota dan Sekda Pekanbaru, Catat Ini Dugaan Kasusnya
  • Walikota Firdaus Lantik Ikatan Pelajar Mahasiswa Pekanbaru
  • Pilkades Serentak, Praktisi Hukum Mardoni, SH Desak Pemda Kampar Buat Perbub Cegah Money Politic
  • Cegah Penyebaran Pandemi Covid - 19, H. Suryadi Khusaini Gelar Vaksinasi Massal
  • H. Syafaruddin Poti Harap HIPMI Riau Fokus Geluti dan Bina UMKM Guna Pemulihan Ekonomi
  • Tak Tepat Sasaran, Fraksi PDI Perjuangan minta Pemprov Riau Fokus Pemulihan Ekonomi
  • Menang jadi Ketum BPD HIPMI Riau, Rahmat Ilahi ; Terima Kasih, Kita akan gandeng semua
  •  
    Komentar Anda :

     
      Pilihan Redaksi  
    KAMPAK Minta KPK-Polri Usut Walikota dan Sekda Pekanbaru, Catat Ini Dugaan Kasusnya

    Hadiri Rakerda Repdem Riau, Wanto Sugito Minta Kadernya Jangan Lelah Advokasi Kasus Rakyat Marhaen

    Rektor UIN Suska Riau Prof Khairunnas Di Usulkan Nyapres 2024

     
     
      Opini  
    Mencari Negeri Surga

     
     
       

    Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Berita Siber - Tentang Kami - Info Iklan
    © 2020 riaubicara.com, all rights reserved